Bermain Sambil Belajar Tematik

Bermain Sambil Belajar Tematik

Bermain adalah bagian penting dari tumbuh kembang anak, belajar juga bisa digunakan sebagai salah satu sarana membantu anak belajar. Pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat anak memahami materi pelajaran lebih mudah, dan menumbuhkan minat belajar pada anak. Pelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

Pelajaran tematik yang dikemas dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang menarik dapat melengkapi jenis-jenis kemampuan belajar anak. Seperti kegiatan di bawah ini, siswa siswi kelas 2 SD SMI sedang bermain sambil belajar. Mereka berusaha menjawab pertanyaan yang telah disediakan, dengan mencari jawabannya di hall sekolah. Sambil berlari dan bercanda dengan teman mereka berusaha mendapatkan jawaban. Mereka harus mengingat jawaban dan menuliskannya di sisi lain hall sekolah. Dari permainan ini diharapkan dapat memuhi kebutuhan murid yang memiliki kecerdasan di bidang kinestetik dan linguistik.

Setelah selesai mengerjakan, mereka berpindah pada pos selanjutnya. Pos selanjutnya berisi permainan lain yang menarik. Dengan mengambil stik yang telah diberi nomer untuk mengetahui gambar mana yang diperoleh, anak-anak diminta untuk menuliskan kegunaan gambar tersebut. Dari permainan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan murid yang memiliki kecerdasan di bidang visual spatial.

Ada empat pos yang memiliki permainan berbeda sesuai dengan pelajaran yang termuat dalam tematik. Kegiatan ini dilakukan setiap satu topik tematik yang dilaksanakan. Diharapkan melalui berbagai permainan dapat meningkatkan minat belajar anak yang memiliki kecerdasan berbeda-beda, dan dapat menjawab tantangan yaitu pendidikan yang berorientasi pada siswa, siswa menjadi aktif dan bukan hanya berorientasi pada guru. Siswa yang belajar melalui pengalaman akan lebih mengerti daripada dengan metode teacher oriented. Selain itu siswa juga dapat belajar untuk memecahkan masalah, secara tidak langsung serta mengajarkan siswa untuk lebih mandiri dan percaya diri dengan kemampuannya.

Sesuai dengan visi dan misi sekolah SMI, pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Mendikbud merumuskan bahwa kebutuhan karakter penting ditanamkan pada siswa, khususnya pada usia dini. Melalui permainan dalam pembelajaran tematik, siswa belajar tentang karakter seperti sportifitas, kejujuran, kerja sama, kepercayaan diri, dan lain-lain.