WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Edukasi Alam Sejak Dini – Field Trip Goes to Kebun Bibit

Edukasi alam sangat penting diajarkan sejak dini, agar dapat menjadi dasar mereka di masa depan karena anak-anak inilah yang akan menjadi generasi penerus yang menjaga lingkungan alam ini. Dasar yang kuat harus dibangun sejak kecil, karena di usia yang dini dapat lebih mudah untuk menangkap dan menerima setiap informasi yang didapatkan. Pendidikan yang diberikan kepada anak-anak di usia dini akan menentukan menjadi seperti apakah mereka di masa depan.

Siswa dan Guru tiba di Kebun Bibit

Di jaman modern ini, anak-anak sudah sangat jarang memiliki interaksi langsung dengan alam, mereka lebih sering menghabiskan waktu mereka dengan handphone, dunia internet ataupun bermain games. Padahal terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa ketika anak-anak berhubungan secara rutin dengan alam, mereka mengalami dampak positifnya, dalam hal sosial, psikologi, akademik, dan kesehatan fisik. Maka dari itu penting bagi kami untuk mengenalkan tentang alam kepada siswa-siswi kami.

Mengenalkan dan memberikan edukasi alam dapat dilakukan dengan mempraktekan langsung di dalam sebuah kegiatan. Field Trip selalu dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi alam kepada anak-anak didik kami. Dalam kesempatan Field Trip Goes To Kebun Bibit kali ini, siswa siswi mendapatkan edukasi alam secara nyata.

Pertama-tama dengan di dampingi oleh para guru, siswa-siswi diajarkan untuk memberi makan rusa di kebun bibit, mengenal beberapa jenis burung yang ada dan lainnya. Sembari mengenalkan binatang-binatang, guru juga menanamkan pada siswa-siswi untuk melestarikan binatang agar tidak punah, menjaga kebersihan kebun bibit, tidak merusak tanaman yang ada.

 

Keceriaan bermain bersama

Kemudian siswa-siswi diajak untuk bermain di lapangan outbound seperti memanjat tali, berjalan di atas tali dan lainnya agar melatih keseimbangan tubuh, melatih agar keberanian siswa bertumbuh, dan saraf motorik dari setiap anak. Guru membantu setiap siswa untuk memanjat rantai tangga tali dan siswa yang lainnya berbaris menunggu giliran. Walaupun mungkin ada ketakutan, namun lewat penjagaan dari guru yang memegang tangan siswa keberanian siswa muncul karena merasa aman.

 

Keseruan menaiki tangga rantai tali

Suasana di kebun bibit yang saat itu juga sejuk dan hijau membuat perasaan kami menjadi lebih segar. Siswa-siswi sangat menikmati  permainan yang ada disana. Setiap siswa mencoba menaiki tangga rantai dan berjalan diatas rantai tali dengan berani dan bersukacita.