WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Field Trip Siswa SD ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak

Field Trip kali ini berbeda dari biasanya, karena siswa-siswi SD SMI School berkunjung ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pada tanggal 4 Februari 2019 di pagi hari siswa-siswi SD SMI School sudah berkumpul di sekolah . Setelah menaiki bus dan duduk ditempat masing-masing, bus akhirnya berangkat menuju lokasi Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak. Ditengah perjalanan kami dikawal oleh 2 mobil polisi patroli, yang membantu mengarahkan kami ke tempat tujuan.

 

Setelah tiba kami disambut dengan spanduk selamat datang dan juga para polisi yang dengan ramah menyambut kami. Para siswa-siswi diajak dan diarahkan untuk masuk ke sebuah aula, setelah mereka duduk di kursi yang telah disediakan, acara dibuka dengan kata sambutan dari Wakapolres. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini bertujuan mendekatkan polisi dan pelajar.

Kami juga memiliki sebuah tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini agak para siswa-siswi dapat lebih mendekatkan dengan polisi, sehingga pola pikir bahwa polisi itu menakutkan dapat diubah ke polisi itu adalah teman/sahabat yang bisa menolong mereka dari orang-orang yang berniat jahat. Polisi bukan untuk ditakuti, karena jika kita takut berarti ada pelanggaran yang kita lakukan.

Setelah kata sambutan yang diberikan, video yang menjelaskan tentang pekerjaan polisi ditampilkan, selain itu aturan yang ada dimasyarakat semuanya memiliki tujuan yang baik. Misalnya peraturan batas usia minimum untuk anak yang boleh mengendarai kendaraan, peraturan memakai helm untuk pengemudi motor dan memakai seat belt untuk pengemudi mobil dan penumpang. Beberapa peraturan tersebut dapat melindungi atau minimal menghindarkan kita dari mara bahaya.

Selesai presentasi video tersebut, para siswa-siswi diajak keliling kantor Mapolres untuk mengetahui layanan-layanan apa saja yang ada disana.

Kemudian mereka di bawa ke sebuah lapangan, disana sambil berteduh polisi memberikan peragaan latihan kepolisian, baris-berbaris, ada juga pertunjukkan dari polwan yang melakukan gerak jalan.

Polisi juga menceritakan bahwa mereka melakukan penjagaan terhadap keamanan dengan cara melakukan patroli dengan mobil dan motor. Para siswa-siswi mendapat kesempatan mempraktekan safety riding dengan motor dan mobil. Secara bergantian mereka dibawa berkeliling ke area Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Polisi memberikan contoh mana cara berkendara yang benar dan yang salah. Seperti tidak boleh bonceng tiga, helm harus klik, penumpang motor harus berpegangan, tidak boleh melewati markah jalan, dan lainnya.

Para siswa-siswi selain ditanamkan untuk tertib di dalam berlalu lintas juga diajarkan untuk tidak mudah termakan hoax dan tentunya tidak menjadi penyebab hoax. Ada sebuah quotes yang diajarkan oleh para polisi yaitu ” Kebiasaan belum tentu benar, tetapi kita harus membiasakan diri melakukan kebenaran.” Mari tanamkan anak-anak kita untuk melakukan apa yang benar, karena kebenaran itu menguntungkan diri sendiri dan orang lain juga.