WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Kegiatan Kelas Dengan Tema Imlek

Pada tanggal 8 Februari 2019, para siswa-siswi PG dan TK CMC School datang ke sekolah dengan memakai baju bertemakan imlek. Dikarenakan berdekatan dengan hari raya Imlek di tanggal 5 Februari 2019. Warna merah mendominasi pakaian para siswa-siswi hari itu, begitu juga dengan guru-guru yang ada semuanya menggunakan pakaian dengan tema merah. Para guru juga menyiapkan hiasan imlek yaitu bunga sakura dan tulisan Gong Xi Fat Chai 2019

 

Kegiatan hari itu dimulai dengan mengajak para siswa-siswi berkumpul bersama. Mulailah seorang guru menceritakan mengenai mengapa mereka ikut merayakan tahun baru Imlek. Guru bercerita bahwa sejak jaman dulu bangsa Indonesia buka hanya terdiri dari satu suku saja, tapi bermacam-macam suku dan budaya. Salah satunya suku Thionghoa yang aslinya berasal dari para pedagang-pedagang di Cina yang datang ke Indonesia untuk berdagang. Para pedagang tersebut melakukan sistem pertukaran (barter) dengan orang Indonesia, mereka menukar kain sutra dengan rempah-rempah yang dimiliki oleh orang Indonesia.

Semakin lama ada beberapa orang-orang Cina tersebut yang tinggal di Indonesia dan menjadi penduduk tetap di Indonesia. Kebudayaan yang mereka miliki, masih dilakukan di Indonesia salah satu nya adalah perayaan Imlek. Tujuan diadakannya kegiatan ini agar para siswa-siswi sedari kecil belajar bertenggang rasa dan menjaga kesatuan antar suku.

Selanjutnya para siswa-siswi diajak untuk foto bersama dengan background bertulisan Gong Xi Fat Chai yang sudah disiapkan, sambil berpose tangan seperti orang Cina ketika mengucapkan selamat.

Kemudian para siswa-siswi juga diberikan tugas membuat kartu ucapan Selamat Tahun Baru Imlek untuk orangtua mereka. Kartu tersebut kemudian dimasukkan ke dalam amplop buatan mereka sendiri yang bergambar babi. Selain kartu ucapan, para siswa-siswi juga mengisi amplop mereka dengan coklat berbentuk koin.

Walaupun berbeda suka dan budaya, tidak ada salahnya kita saling menghormati dan ikut merayakan perayaan dari suku lainnya. Indonesia memiliki banyak suku bangsa, tapi walaupun berbeda dan banyak namun tetap satu. Bhineka Tunggal Ika. Selamat Tahun Baru Imlek 2019 – Gong Xi Fat Chai.