Menciptakan Komunikasi Yang Efektif di Kelas

menciptakan komunikasih yang efektif di kelas
Beberapa kasus permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah seringkali siswa kurang mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini membuat guru seringkali emosi dan mengatakan hal yang negatif pada siswa.

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk berbicara secara jelas terhadap murid antara lain:

  • Menggunakan tata bahasa dengan benar
  • Memilih kosakata yang mudah dipahami dan tepat bagi level grade murid.
  • Menerapkan strategi untuk meningkatkan kemampuan murid dalam memahami apa yang dikatakan oleh guru, seperti menekankan pada kata – kata kunci, mengulang penjelasan atau memantau pemahaman murid.
  • Berbicara dengan tempo yang tepat, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
  • Tidak menyampaikan hal – hal yang kabur.
  • Menggunakan perencanaan dan pemikiran logis sebagai dasar untuk berbicara secara jelas di kelas

Dalam menyampaikan materi di kelas, ada beberapa gaya komunikasi guru, antara lain:

Gaya Agresif Guru yang menggunakan gaya agresif cenderung “galak” kepada murid dan suka marah-marah Gaya Manipulatif Guru yang manipulative, berusaha mendapatkan apa yang diinginkan misalnya dengan menakut-nakuti tidak naik kelas Gaya Pasif Guru yang mengunakan gaya pasif bersikap tidak tegas dan pasrah Gaya Asertif Guru dengan gaya asertif mengekspresikan perasaannya, meminta apa yang diinginkan, dan berkata “tidak” untuk apa yang tidak mereka inginkan Mereka memperjuangkan hak mereka yang sah, dan mengekspresikan pandangannya secara terbuka. Gaya Asertif merupakan gaya komunikasi yang cukup efektif dalam mengajar siswa di kelas

Kesalahan komunikasi yang sering terjadi di kelas :

menciptakan komunikasih yang efektif di kelas

menciptakan komunikasih yang efektif di kelas

Suka mengkritik “Salah mu sendiri gak bisa, kamu gak mau belajar di rumah” Sebaiknya guru membantu murid untuk mengevaluasi kenapa mereka mendapatkan nilai buruk dan menyimpulkannya Memberi label pada anak Sebaiknya guru tidak melakukan hal tersebut karena hal ini akan merendahkan siswa. Dampak yang mungkin akan terjadi adalah murid-murid yang lain akan meniru perkataan guru pada siswa tersebut Mengintimidasi “Kalau kamu tidak mau mengerjakan tugas kamu, akan saya kembalikan ke TK” Sebaiknya guru memberikan motivasi yang positif supaya anak mau mengerjakan tugas. karena cara ini akan menaikkan rasa bersalah dan kegelisahan murid Membandingkan “Lihat temenmu lo bisa, masak kamu kalah” Membandingkan siswa dapat menurunkan kepercayaan diri anak