Ragam Sifat Anak dan Penanganannya

Ragam Sifat Anak dan Penanganannya

Dalam mendidik seorang anak, sangatlah penting bagi kita sebagai orang tua maupun pembimbing anak untuk mengenali ragam sifat dan karakter anak-anak. Anak memiliki beragam sifat yang berbeda-beda yang dibawa dari masing-masing anak. Jika kita sebagai orang tua tidak mengembangkan secara tepat, sifat yang dibawa oleh si anak akan menjadi sifat yang negatif.

Berikut macam-macam sifat anak yang perlu diketahui beserta cara penanganannya:

1. Sifat anak egois

anak-egoisAnak yang memiliki sifat egois cenderung keras kepala dan biasanya, orang tua akan sangat susah dalam mengontrol kesabaran dalam menghadapi anak ini. Si anak egois ingin menang sendiri, tidak mau mendengarkan saat ditegur dan selalu ingin di turuti keinginannya. Anak dengan sifat seperti ini jika tidak bisa mendapatkan apa yang dia inginkan akan mengancam dengan menangis yang menjadi-jadi seperti duduk di lantai dan berguling-guling bahkan tidak mau makan.

Dalam menangani anak egois, kita sebagai orang tua jangan terlalu cepat panik dan terbawa emosi saat si anak mulai berulah. Tidak perlu menunjukkan amarah, karena tidak akan memberikan dampak yang lebih baik untuk si anak. Kesabaran adalah solusi yang paling manjur dalam menghadapinya dan pastikan dia mengetahui kita perhatian kepadanya.

2. Sifat anak perajuk

perajukAnak perajuk ini adalah anak yang suka ngambek dan cenderung selalu menangis dan cengeng. Si anak perajuk bukan tipe yang akan menunjukkan sifat keras kepalanya. Penanganan anak perajuk lebih mudah, karena cukup berikan perhatian yang lebih dan bujukan agar dia merasa nyaman dan tenang. Anak perajuk sangat tidak bisa di didik terlalu keras karena akan menanamkan mind-set bahwa orang tua tidak perhatian atau sayang terhadap dia.

3. Sifat anak pemalas

pemalasDengan memiliki sikap pemalas ini, seorang anak yang memiliki sifat ini cenderung tidak serius dalam menjalankan kewajibannya dan suka menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu untuknya. Dalam mendidik anak yang pemalas kita sebagai orang tua harus memberikan contoh yang benar dan memberikan pengertian yang mudah dipahami anak. Untuk anak pemalas seperti ini, sangat bagus untuk memberikan sedikit tanggung jawab yang masih menyangkut dirinya sendiri.

4. Sifat anak pemberontak

berontakSifat anak pemberontak sedikit ada kemiripan dengan anak yang egois. Namun, perbedaannya terletak pada sikap. Si anak pemberontak lebih susah diatur. Karena dia lebih suka melakukan hal-hal yang dianggap benar dan dia sukai, serta mengabaikan atau tidak mendengarkan perkataan orang lain. Menangani anak pemberontak, sebagai orang tua harus meluangkan banyak waktu untuk membuka pembicaraan dan diskusi kecil, tanyakan kenapa dia bertindak seperti itu. Jangan sekali-kali menuduhnya. Beri peringatan dan larangan yang tegas namun tidak keras.

5. Sifat anak pemalu

anak-pemaluJika si anak lebih banyak diam, dan jarang memulai pembicaraan terlebih dahulu bila ada di dalam lingkungan baru. Si anak pemalu sulit ditebak pemikiran dan keinginannya serta kurang suka bersosialisasi. Anak pemalu harus selalu diajak mengobrol dan berdiskusi. Dengarkan si anak saat dia mengemukakan pendapatnya, dan sering-seringlah ajak si anak melakukan kegiatan baru yang membuatnya menjadi lebih terbuka dan mau berinteraksi.

6. Sifat anak periang

tawa1Memiliki anak dengan sifat periang sangatlah menyenangkan karena dia tidak terlalu rewel dan suka berekspresi. Anak periang memiliki ciri-ciri banyak teman dan suka bersosialisasi. Meskipun periang adalah sifat positif, ajarkan si anak untuk bisa menekan sifatnya pada saat tertentu. Ajarkan dia untuk bisa merasakan bagaimana suasana di sekitarnya dan bertingkah laku secara tepat sesuai keadaan.

Kenali sifat-sifat anak terlebih dahulu, sebelum mendidik anak. Cara didikan yang salah bisa membentuk karakter yang buruk pada seorang anak.