WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Anak Mengidolakan Artis, Perlukah Orangtua Khawatir?

Setiap anak pasti mempunyai orang yang menjadi inspirasinya atau idolanya. Mungkin sebagian orangtua menjadi ingat akan masa lalu bahwa mereka pun juga pernah mengalaminya. Namun orangtua pun juga haruslah ingat bahwa tidak semua artis memiliki karakter yang baik, tidak semua artis memiliki prestasi yang baik. Orangtua pun harus melihat anak untuk memiliki batasan dalam mengidolakan artis.

Sikap anak yang mengidolakan artis adalah hal yang sangat wajar. Dengan memiliki sosok yang dikagumi, anak sedang mencoba untuk meningkatkan kemandirian secara psikologi dan emosi anak saat ini. Sebagai orangtua, Anda tidak perlu cemas jika anak mengidolakan seseorang dan berikan pengertian kepada setiap anak. Cara untuk menasehati anak ketika mengidolakan seseorang adalah mengajak anak berbicara jika obsesinya sudah berlebihan

 

Dalam kasus anak yang parah, menyukai artis dapat menjadi obsesi yang dapat mengganggu kehidupan anak dari sosial maupun sekolah. Ini disebabkan karena anak fokus pada kehidupan sosok artis yang diidolakan daripada dirinya sendiri.

Jika kekaguman anak sudah sampai mengisolasi kehidupan anak sendiri, orangtua harus memberikan nasehat kepada anak, jangan sampai anak suka menghamburkan uang, malas sekolah, dan mengubah penampilan agar menjadi mirip artis yang dia kagumi.

Celebrity Worship Syndrome adalah kondisi dimana anak mempunyai rasa cemas,stress, dan bahkan depresi jika tidak mendapat kabar terbaru dari artis yang diidolakannya. Langkah awal untuk menasehati anak adalah mengetahui siapakah yang dikagumi oleh anak. Jika Anda sudah mengetahui siapa artis yang diidolakan, Anda dapat mengamati perilaku dari artis dan memberikan batasan boleh dan tidak boleh kepada anak dalam mengagumi artis itu.

Seperti contoh, anak dapat mengagumi prestasi yang telah digapai oleh artis tersebut, sehingga anak juga termotivasi mengikuti sikap positif dari si artis. Jika artis yang dikagumi memiliki sikap negative,nasehatilah anak agar tidak boleh mencontoh dengan alasan yang logis dan tidak menghakimi artis tersebut. Nasehati agar tidak mengikuti kehidupan artis secara berlebihan,karena anak memiliki kehidupan pribadi yang jauh lebih penting untuk masa depannya.