WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Bantu Anak Agar Tidak Cemas Menjalani New Normal

Pandemi yang terjadi di seluruh belahan dunia membuat semua orang mengubah gaya hidupnya, termasuk anak-anak kita. Seperti lebih sering mencuci tangan, menjaga jarak satu dengan yang lain, dan melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah. Perubahan yang cepat ini menyebabkan banyak kecemasan dan ketakutan. Beberapa anak pun juga dapat merasakan hal yang sama.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak agar tidak cemas menjalani New Normal.

  1. Membiarkan anak bercerita tentang kecemasannya

 

Mempunyai rasa cemas di masa seperti ini adalah hal yang sangat wajar. Jika anak memiliki kecemasan, orangtua wajib untuk menyediakan tempat untuk anak dapat bercerita. Beritahukan kepada anak-anak bahwa mereka tidak menghadapi kecemasannya sendiri dan tanggapilah anak dengan kata-kata yang menenangkannya.

  1. Memberikan contoh yang baik kepada anak

“Buah jatuh tidak jatuh dari pohonnya.” Seperti pepatah yang sering kita dengar, pepatah tersebut juga dapat mencerminkan bahwa anak akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh kedua orangtuanya. Selama masa pandemi ini, orangtua wajib memberikan contoh yang baik kepada anak seperti rajin mencuci tangan, tidak berpergian terlalu sering, memakai masker, dan hal lainnya yang dibutuhkan.

  1. Mengajak anak untuk olahraga ringan

Walaupun di rumah, olahraga dapat dilakukan dengan anak dan dapat menjaga kebugaran tubuh. Tidak perlu olahraga berat, olahraga seperti stretching, bersepeda, dan olahraga ringan lainnya dapat dilakukan bersama. Olahraga pun memiliki manfaat lainnya seperti bisa quality time dengan anak.

  1. Mengajak anak untuk tidak lupa berdoa

Berdoa mendekatkan diri kepada Tuhan adalah hal yang wajib dilakukan oleh kita semua. Walau mengalami masa pandemi, kita dapat merasakan dampak positifnya yaitu kita memiliki lebih banyak jam doa dan dapat mengajak si kecil untuk berdoa. Anda dapat mengajari anak untuk memimpin doa sebelum makan atau sebelum tidur, sehingga dapat melatih anak untuk berani menyampaikan apa yang menjadi harapannya.

 

Itulah beberapa tips untuk membantu anak agar tidak cemas dalam menjalani New Normal ini.