WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Belajar Mata Uang Sejak Dini

Mengenalkan tentang fungsi dan nilai dari mata uang kepada anak-anak sejak dini sangat penting sehingga anak-anak dapat mengerti cara menggunakan uang tersebut. Dengan hal-hal kecil kita dapat mengajarkan cara mengelola keuangan dengan cara menabung dan memilah dalam menggunakan uang. Sehingga hal ini dapat menjadi suatu kebiasaan yang positif yang ditanamkan kepada anak-anak sejak dini.

Mengenalkan fungsi dari mata uang dapat diterapkan misalkan didalam permainan. Ajaklah anak anda bermain jual-beli, misalkan anda menjadi penjual dan anak anda menjadi pembeli. Didalam permainan ajarkan bagaimana cara pembayaran dengan uang mainan, dan berapa nilai uang. Berikan contoh dan jelaskan dengan cara memisahkan warna dan gambar dari setiap mata uang, misalkan uang koin bergambar bunga melati bernilai 500 rupiah, sedangkan uang koin bergambar burung bernilai 200 rupiah.

Selain melalui permainan, mulailah mengajarkan anak-anak untuk menabung, sediakan celengan yang menarik agar anak-anak tertarik untuk menabung. Berikan uang kepada anak-anak sebagai suatu penghargaan, misalnya ketika nilai ujian yang mereka dapatkan diatas 70, buatlah variasi besarnya penghargaan yang di dapatkan anak jika nilai ujian meningkat. Contoh lain jika mereka membantu menyapu ruangan, membereskan kamar, mencuci piring bekas makan berikan penghargaan juga untuk anak-anak tersebut.

Berikan uang saku kepada anak sesuai dengan kebutuhan usia anak tersebut, hindari memberi berlebihan karena dapat membiasakan anak tidak bisa mengatur pengendalian diri dalam penggunaan uang. Beritahukan cara menggunakan uang secara bijak sesuai kebutuhan anak, sehingga rasa tanggung jawab akan terlatih mulai dari usia dini.

Ajarkan anak-anak menabung dari uang saku yang mereka dapatkan. Jelaskan fungsi dari menabung dan keuntungan dari menabung, menyisihkan dari sisa uang yang dimiliki, dikumpulkan dalam tabungan agar dapat membeli suatu barang yang diinginkan. Dari sini anak-anak akan belajar untuk berhemat dalam menggunakan uang dan bersabar untuk mendapatkan sesuatu. Selain itu juga melatih pengendalian diri anak di dalam menggunakan uang.

Selain menabung sebagai orang tua juga perlu mengajarkan anak-anak untuk memberi dan berbagi dengan sesama. Contohnya memberi sumbangan di tempat ibadah, atau menolong teman yang tidak membawa bekal makanan. Ceritakan bahwa uang hanyalah titipan dari Tuhan, dan tugas manusia selain menggunakan adalah untuk dibagikan kepada sesama yang memerlukan.