WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Cegah Anak Sakit Saat Liburan Panjang

Liburan panjang adalah waktu tepat untuk mengasah anak dengan kegiatan lainnya selain belajar di sekolah sekaligus melakukan kegiatan yang menyenangkan. Oleh sebab itu, sebagian anak akan tetap aktif melakukan aktivitas walaupun sedang tidak bersekolah. Melakukan kegiatan di rumah membuat anak bergerak lebih aktif dan  tubuh anak menjadi mudah lelah serta butuh perlindungan ekstra.

Selain anak akan cepat lelah, liburan bisa dapat membuat anak stress jika tidak melakukan kegiatan yang menarik. Berikut adalah tips mencegah anak jatuh sakit saat liburan panjang.

  1. Mengajari anak membiasakan cuci tangan

Bermain di tempat yang kotor, bersalaman dengan saudara atau pergi ke tempat wisata tertentu dapat mengakibatkan adanya virus atau bakteri yang akan menyerang anak. Agar virus dan bakteri tersebut tidak menyerang tubuh anak, Anda dapat mengajari anak untuk terbiasa mencuci tangan yang kotor. Ajarilah anak untuk mencuci tangan dengan benar dan biasakan hal ini sedari dini agar anak terbiasa melakukan kebiasaan yang sehat.

  1. Minum cukup air

 

Setelah mencuci tangan, tahap selanjutnya untuk mencegah anak jatuh sakit adalah mencukupi kebutuhan minum agar tidak dehidrasi. Ingatkan anak untuk membawa botol air setiap akan keluar dan beraktivitas bersama dengan teman-teman ataupun saudaranya.

  1. Makan dengan baik

 

Makanan menjadi sumber energi yang baik untuk anak dalam melakukan kegiatan yang ia lakukan di rumah maupun di luar rumah. Terlebih lagi, Anda harus mengingatkan anak Anda untuk tidak menunda makan dan porsinya cukup untuk anak Anda.

  1. Tidur cukup dan buat si kecil tidak stress

 

Untuk membuat sistem imun menjadi kuat, pastikan anak cukup tidur. Meskipun liburan sekolah, Anda harus ingatkan agar anak tidak tidur terlalu malam karena akan membuat jam tidur menjadi berantakan dan kualitas tidur menjadi buruk.

Lalu jangan lupa untuk menghabiskan liburan dengan hal-hal menyenangkan seperti jalan-jalan ke taman, belajar dan bermain di museum atau makan bersama dengan anak untuk mempererat hubungan Anda juga dengan anak.