WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Edukasi Anak Merawat Gigi Sejak Kecil

Gigi dan mulut adalah anggota tubuh yang terkadang kebersihannya tidak dijaga oleh beberapa orang. Padahal kedua anggota tubuh ini juga penting untuk kesehatan setiap orang. Oleh karena itu PG dan KG Cmc School melakukan pemeriksaan gigi guna mengecek kebersihan dan pertumbuhan gigi dari si kecil.

Tahukah ayah bunda? Perawatan gigi pada anak harus dilakukan secara bersamaan dengan pemeriksaan pada gigi. Di usia anak-anak yang berusia berkisar balita ini, ayah bunda dapat membawa anak anda melakukan pengecekan pada gigi minimal satu tahun sekali, karena pada masa-masa seperti inilah gigi anak-anak mulai berubah menjadi gigi permanen. Gigi anak yang sehat tentu akan berpengaruh pada kesehatan dan juga akan lebih mudah melakukan aktivitas seperti mengunyah makanan serta menyerap nutrisi baik untuk pertumbuhannya. Apabila anak juga memahami bahwa gigi harus dipastikan sehat sejak dini maka gigi permanennya juga akan tumbuh rapi.

 

Saat anak juga nyaman dengan keadaannya, anak akan lebih percaya diri. Kesehatan gigi dapat membuat anak lebih aktif bertanya dan percaya diri untuk berkomunikasi. Sedangkan gigi yang kurang baik akan memiliki dampak buruk seperti malu berkomunikasi dan penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki gigi keropos atau rusak memiliki empat kali lebih besar nilai akademiknya rendah. Penyebabnya tak lain karena dengan gigi yang sehat maka anak dapat mengunyah makanan yang menyerap banyak nutrisi dan disampaikan ke otak.

 

Menyikat gigi di pagi hari setelah makan dan sebelum tidur akan membuat gigi anak terbebas dari kuman dan penyakit gigi serta mulut. Penyakit yang dapat menyerang adalah peradangan gusi dan gigi yang berlubang. Di dalam fase perkembangan ini, orangtua dapat membantu anak dalam memelihara gigi si kecil karena mereka belum adanya kesadaran dalam menjaga kebersihan mulut.

Guru TK dan PG Cmc School pun juga ikut memberikan dorongan kepada anak agar lebih disiplin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Hal ini dilakukan agar anak-anak dapat menerapkan kebiasaan yang baik dan menjaga kesehatan mulut serta gigi.

cara menyeluruh.