WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Ikut Les Dari Kecil, Apakah Baik Untuk Perkembangan Anak?

Orangtua pastinya ingin memberi anak fasilitas terbaik dari kecil. Salah satunya dengan memberikan les atau kursus. Hal ini dapat membantu anak untuk memiliki kemampuan belajar lebih, namun orangtua juga harus memperhatikan anak ketika memberikan les atau kursus.

Mengikutkan anak dalam les pelajaran akademik atau kursus melatih bakatnya diyakini bisa mengasah si kecil. Tetapi pada intinya, ada beberapa hal yang harus dipikirkan sebelum memberikan banyak kegiatan kepada anak seperti kesiapan anak, tujuan les dan kursus, dan mempertimbangkan kegiatan yang diikuti anak apakah sesuai dengan kemampuan dan usia anak.

 

Pertama kali anak harus diikutkan dengan kegiatan yang sesuai dengan minatnya sehingga tidak membebani anak sendiri. Semisal jika anak suka menggambar, orangtua dapat mendaftarkan anak kursus menggambar. Orangtua wajib mengetahui perkembangan anak dari hari ke hari. Hal ini dapat menunjang kemampuan dan bakat anak dari kecil. Jadi di masa depan,orangtua dapat mengarahkan anak dengan bidang yang mereka sukai.

Pada intinya, orangtua harus memberikan kursus atau les jika si kecil telah siap. JIka anak dibiarkan les saat anak anak belum siap maka perkembangan si kecil akan kurang sempurna, dampaknya bisa membuat masalah fisik, emosi, dan psikososial. Efek lainnya adalah anak akan mudah capek, terlalu gampang emosi, dan sulit mengontrol emosi. Jika bahkan anak diikutsertakan dengan kegiatan yang tidak dia sukai maka anak tidak akan melakukan dengan senang hati dan membuat anak tertekan ketika belajar.

Ada banyak cara untuk memaksimalkan hobi dan bakat si kecil selain mengikuti les atau kursus seperti anak dapat membuat kegiatan menarik yang mendukung anak. Seperti contoh berolahraga sendiri di rumah, membuat kerajinan-kerajinan tangan, bereksperimen dan masih banyak hal lain. Anda sebagai orangtua dapat mencari bahan di internet untuk membantu mencari inspirasi belajar yang menyenangkan bagi anak. Anda dapat menggunakan peralatan sederhana rumah untuk membuat kerajinan tangan. Namun sebelum membuat hal tersebut, Anda harus tahu apa yang menjadi bakat dan minat anak karena di dalam proses perkembangan semuanya bisa berubah-ubah.