WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Kenali pemicu takut dan stress si kecil ke sekolah

Ketakutan serta stress merupakan beberapa alasan hingga si kecil tidak mau berangkat ke sekolah. Anda sebagai orangtua harus tahu alasan anak memiliki rasa takut dan stress yang dirasakan anak di sekolah. Berikut adalah penyebab anak takut bahkan tidak mau ke sekolah:

  1. Memiliki masalah dengan teman

 

Memiliki teman di sekolah adalah hal yang menyenangkan, anak dapat bermain dan belajar bersama. Teman bisa menjadi penyebab anak takut atau stress berangkat sekolah seperti tidak memiliki teman di dalam kelas atau memiliki teman tapi mereka bertengkar. Muncul juga pemicunya karena anak merasa tidak bisa bersaing dengan temannya dalam pelajaran akademik maupun non akademik. Dalam menghadapi hal ini, Anda harus mencoba bicarakan masalah ini dari hati ke hati dan beri saran yang terbaik kepada Anak anda untuk menghadapi temannya.

  1. Bullying

Bullying adalah hal yang biasanya sering membuat anak takut serta stress untuk berangkat ke sekolah. Bullying yang dilakukan dapat bermacam-macam, ada yang mendapat kekerasan fisik, perilaku kasar, diejek atau hal lainnya. Anak yang mengalami bullying akan merasa tertekan bahkan depresi sehingga dapat menarik diri dari kegiatan yang ada di sekolah ataupun lingkungan. Dalam mengatasi kasus seperti ini, Anda harus bekerja sama dengan sekolah untuk mendapatkan solusi yang tepat sasaran bahkan jangan malu untuk meminta bantuan psikolog agar dapat menstabilkan kejiwaan anak.

  1. Terlalu banyak kegiatan

 

Anda pasti ingin anak Anda menjadi juara kelas atau mendapat prestasi lainnya. Untuk mendapatkan keinginan tersebut, terkadang orangtua akan mendorong anak mengikuti banyak kegiatan yang membuat prestasinya naik, dari les hingga ekstrakurikuler. Walau membantu, namun jika kegiatannya terlalu banyak anak akan merasa tertekan dan mengalami stress karena tidak dapat mengatur waktu untuk istirahat dan waktu lainnya.

  1. Susah mengikuti pelajaran

Anda mungkin pernah mendengar berbagai keluhan anak dalam belajar. Dari sekian banyaknya pelajaran di sekolah, pasti ada setidaknya satu pelajaran yang tidak anak sukai. Hal ini bisa menyebabkan stress dan tidak mau ke sekolah. Jika anak mengalami hal tersebut, Anda dapat membantunya dalam mengerjakan PR atau memberikan les kepada anak.

  1. Guru

Guru memiliki cara mengajar yang berbeda dan mungkin ada guru yang menimbulkan kesan yang tidak menyenangkan bagi anak. Seperti guru yang galak atau memberi hukuman yang berat.