WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Makanan Yang Dapat Menambah Tinggi Anak

Setiap orang tua mengharapkan anak dapat bertumbuh dengan baik secara fisik maupun mental. Salah satu pertumbuhan fisik yang menjadi sorotan bagi orang tua adalah perubahan tinggi badan pada anak. Perubahan atau pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh faktor genetika yang diturunkan dari kedua orangtuanya, selain itu ada juga faktor external yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan yaitu asupan nutrisi yang cukup, aktivitas fisik, pola tidur yang baik, hingga masalah kesehatan yang lain. Pertumbuhan tinggi badan tidak terjadi sepanjang hidup maka itu selama anak-anak masih dalam usia masa pertumbuhan, orang tua dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan anak.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu faktor yang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan anak adalah asupan nutrisi yang cukup. Orang tua perlu memperhatikan pola makan yang seimbang dan mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan. Tiga jenis nutrisi yang dapat membangun otot, ligamen dan tendon yang kuat yaitu protein,  mineral, dan vitamin. Ketiga nutrisi ini didapatkan melalui makanan berikut yaitu susu, telur, kacang-kacangan, buah dan sayur, ayam, daging, biji-bijian,dan ikan. Orang tua dapat merencanakan dan menyiapkan menu-menu makanan yang terbuat dari makanan-makanan tersebut dengan kreatif sehingga anak akan menyukai olahan dari bahan-bahan makanan tersebut.

 

Selain asupan nutrisi yang cukup, olahraga juga dapat membantu anak untuk dapat mengalami pertumbuhan tinggi badan. Orang tua dapat mulai membiasakan anak untuk melakukan olahraga secara rutin sambil bermain. Kebiasaan berolahraga yang diajarkan sejak kecil dapat menjadi kebiasaan yang berguna di masa yang akan datang ketika anak-anak beranjak dewasa. Salah satu contoh olahraga yang dapat diterapkan pada anak-anak yaitu berenang. Orang tua dapat mendampingi anak untuk belajar berenang sambil bermain. Olahraga lain yang dapat dengan mudah dilakukan dirumah adalah lompat tali, bersepeda, pull up (bergelantung), bermain bola dengan menyisipkan gerakan melempar bola dan melompat memasukkan bola (seperti olahraga basket).

 

Olahraga sangat bernanfaat, dengan berolahraga selain dapat merangsang pertumbuhan tinggi badan anak juga dapat meransang saraf motorik pada anak. Untuk memantau pertumbuhan tinggi anak ada baik nya jika orang tua melakukan pengukuran tinggi badan secara berkala dan terus memberikan dukungan pada anak.