WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Manfaat Anak Membersihkan Rumah

Membantu orangtua seperti memasak, membersihkan rumah dan lain sebagainya adalah sebuah tanggung jawab dari orangtua. Akan tetapi tidak semuanya harus Anda semua yang mengerjakan bahkan di sela-sela pekerjaan. Anda dapat membayar asisten atau pembantu rumah tangga untuk meringankan beban Anda. Di dalam hal ini, Anda dapat membuat anak juga belajar membersihkan rumah semenjak dia kecil. Hal ini dipercaya bahwa ini juga bermanfaat untuk perkembangannya hingga dewasa. Berikut manfaat yang di dapat oleh anak ketika membersihkan rumah:

 

  1. Membuat keterampilan anak meningkat

Kegiatan seperti menyapu atau membantu mengepel akan membantu ketrampilan motorik dikarenakan anak akan dibuat banyak bergerak. Anak juga akan belajar bahwa menjaga kebersihan sangatlah penting untuk anak. Di saat anak mengerjakan pekerjaan rumah, Anda dapat memberitahu anak tentang manfaat ketika rumah menjadi bersih dan rapi.

  1. Mengajarkan anak mandiri

Ketika anak membersihkan rumah maka anak akan belajar untuk mandiri dan bisa menyiapkan semuanya sendiri. Hal lainnya anak akan belajar untuk tidak bergantung kepada orang lain. Seperti contoh belajar memasak dan menyiapkan makanannya di rumah untuk keluarga.

  1. Meningkatkan hubungan dengan anggota keluarga lain

Kesibukan orangtua terkadang membuat hubungannya dengan anak menjadi longgar dan jauh. Anda dapat mengajak anak-anak untuk membersihkan rumah agar anak-anak dan Anda juga dapat menjalin hubungan yang lebih dalam dan mempereratnya. Dengan moment kebersamaan ini, Anda dapat berbicara dan mgajaknya bercanda di sela-sela mengerjakan pekerjaan rumah. Tidak hanya dekat dengan kedua orangtua, anak juga dapat semakin dekat dengan kakak atau adiknya.

 

Membuat anak mengerjakan pekerjaan rumah dapat membantu pekerjaan rumah Anda dan di dalam membersihkan rumah ini, Anda harus tetap memperhatikan apa yang dilakukan anak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti contoh harus berhati-hati ketika mengepel lantai agar tidak terjatuh atau ketika membersihkan alat-alat makanan agar tidak melukai jari anak Anda. Untuk anak di usia 3-4 tahun anak bisa diajarkan untuk dapat membereskan mainannya sedangkan untuk anak usia 8 tahun, Anda dapat mengajarinya untuk memasak di dapur.