WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Praktek Belajar Diluar Kelas Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah karena harus bertanggung jawab dalam mendidik setiap siswa yang jumlahnya tidak hanya satu saja tapi bisa lebih dari beberapa anak. Jumlah siswa yang banyak membuat guru harus dapat kreatif dalam mendidik setiap siswa. Dengan mengenal dan memahami setiap pribadi siswa sangat penting dan membantu guru untuk mendidik setiap siswa di kelas. Contohnya ada siswa yang belajarnya cepat menangkap kemudian ada juga siswa yang belajar lebih lambat menangkap, ada siswa yang punya kelebihan di mata pelajaran tertentu tetapi juga memiliki kekurangan di mata pelajaran yang lain.

Bagi seorang guru, tidak ada kata menyerah dalam mendidik siswanya dan dalam berusaha membuat setiap siswa tertarik ataupun semangat di dalam belajar. Minat siswa untuk belajar ini dapat membantu siswa untuk menangkap setiap pelajaran yang diberikan. Oleh sebab itu dalam mengajar, setiap guru membutuhkan kreativitas agar dapat meningkatkan semangat dan minat siswa dalam belajar.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membangkitkan semangat dan minat siswa dalam belajar adalah dengan melakukan praktek diluar kelas. Belajar di dalam kelas secara terus menerus dapat membuat jenuh siswa sehingga konsentrasi siswa menjadi terganggu dan pelajaran tidak dapat diserap dengan baik. Melakukan praktek diluar kelas dapat dengan mudah dilakukan dimana saja, misalnya di lapangan sekolah, guru dapat membagi para siswa di dalam beberapa kelompok, lalu memberikan tugas pada siswa untuk mengukur luas lapangan olahraga. Dari tugas ini para siswa dapat belajar matematika, belajar bekerja sama dan juga merefreshkan pikirannya ketika di luar kelas.

Begitu pula yang dilakukan guru-guru SD SMI School didalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Berikut ini beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan diluar kelas :

  • Menggambar bayangan matahari

Para siswa kelas 1 SD belajar mengenai cahaya dan bayangan. Sambil memberikan materi tentang cahaya dan bayangan, guru dapat memberikan contoh dari bayangan dirinya kepada siswa. Kemudian guru memberikan tugas kepada siswa untuk menggambar bayangan dari botol minuman di buku tulis masing-masing siswa. Dengan mempraktekkan menggambar bayangan secara tidak langsung para siswa belajar mengenai bayangan.

  • Membuat alat penyaring air kotor

Para siswa kelas 5 SD belajar membuat alat sederhana untuk menyaring air kotor menjadi air bersih. Kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, para siswa dibentuk kelompok lalu diberikan tugas untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapatkan. Guru memberikan perintah dan arahan langkah-langkah dalam membuat alat sederhana ini. Disini para siswa belajar mengenai fungsi-fungsi dari bahan yang digunakan, kemudian melatih kerjasama dan kekompakan para siswa, selain itu para siswa mengerjakannya dengan sukacita.

  • Bermain twister games

Para siswa pada hari english day belajar bahasa inggris sambil bermain. Salah satu permainan yang dipakai oleh guru SMI School adalah twister games. Sebelum mengumpulkan siswa, guru sudah menempel bentuk-bentuk bangunan yang berwarna berbeda-beda di lantai dengan isolasi bening atau double tip. Guru membagi para siswa kedalam beberapa kelompok, kemudian memberikan pertanyaan yang harus di jawab setiap kelompok dalam waktu yang ditentukan. Disini guru dan siswa berbicara menggunakan bahasa inggris dan menjawab dalam bahasa inggris. Selanjutnya, untuk kelompok siswa yang salah di dalam menjawab maka guru akan mengambil undian yang berisi salah satu bentuk bangun ruang dan warna dari bangun ruang tersebut dan satu orang perwakilan siswa dari kelompok yang salah harus menginjak bangunan yang dimaksud. Begitu seterusnya mengikuti cara permainan twister games.

Disini siswa belajar bekerja sama, berlatih berbicara dengan bahasa inggris, melatih motorik siswa juga di dalam twister games ini dan juga meningkatkan daya juang dan rasa peduli kepada orang lain.

Menjadi kreatif di jaman ini tidaklah sulit, guru cukup menyediakan waktu kosong untuk mencari di media internet yang ada dan merenungkan. Yang paling utama adalah setiap praktek yang dilakukan di luar kelas memiliki tujuan dan manfaat bagi para siswa.