WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Membangun Kreativitas Anak

Kreativitas adalah kegiatan yang penting dan tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar anak-anak. Di zaman yang modern ini, seseorang meraih kesuksesan tidak lagi disebabkan oleh nilai secara akademik, namun kemampuan dalam membuat sebuah karya, kreatif mengeluarkan ide-ide baru dan mampu menarik perhatian masyarakat. Oleh karena hal tersebut PG CMC School membuat kegiatan untuk anak-anaknya guna mengembangkan kreativitas anak-anak dari kecil. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas anak adalah mewarnai dan melukis sebuah batu.

                                                           

Di dalam kegiatan mewarnai batu ini, anak anak dapat berimajinasi seluas mungkin untuk membuat batu yang tampak biasa menjadi lebih berwarna. Peralatan yang digunakan pun juga sederhana guna menyesuaikan usia anak dan menjaga keamanan anak. Dengan berimajinasi anak akan terdorong untuk belajar bereksplorasi bentuk bentuk yang ada di dalam pikirannya. Manfaat dari mewarnai dan melukis bagi anak adalah dapat mengekspresikan apa yang dirasakan oleh si kecil, dan membantu anak untuk mengenal warna. Lewat kegiatan ini anak jiuga akan diajari untuk menggunakan alat warna dan melatih motorik anak dalam mengerjakan sesuatu di sekolah maupun di rumah.

Untuk mendukung si kecil dalam menumbuhkan kreativitasnya, orangtua dapat memuji hasil karya yang anak buat. Sebuah pujian dapat meningkatkan rasa percaya diri dan anak akan termotivasi untuk membuat sebuah karya lagi. Orangtua juga harus memberi dorongan kepada anak dan bijak dalam melarang, terkadang larangan yang diberi akan menumpulkan kreativitas anak.

Selain mewarnai, orangtua juga dapat memberikan informasi sebanyak-banyaknya untuk menumbuhkan kreavitas anak dengan membaca buku cerita, mengunjungi tempat bermain dan tempat yang anak sukai.

Kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan dengan anak adalah menggunting, mewarnai, menemukan benda, tebak gambar, tebak suara, berbagi humor dengan anak, dan menyeimbangkan fungsi sisi kanan serta kiri otak anak. Kegiatan lainnya dimana anak dapat bermain dan belajar adalah menambahkan kosakata agar anak tumbuh dengan perbendaharaan kata yang banyak. Orang tua juga dapat menumbuhkan kreativitas anak dengan mengajaknya melakukan kegiatan sehari-hari.