WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mencegah Penyakit Datang Dan Menjaga Kesehatan Si Kecil

Bakteri, virus, dan mikroba lain banyak menyerang kesehatan manusia termasuk anak-anak kita. Si kecil yang memiliki daya tahan tubuh yang belum terlalu kuat seperti orang dewasa mudah terkena penyakit. Ada beberapa cara yang dapat orangtua lakukan untuk mencegah penyakit berdatangan:

  1. Melakukan dan jadwalkan imunisasi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berkata bahwa setiap tahun, imunisasi dapat menyelamatkan 2-3 miliar anak. Hal ini disebabkan setiap tahunnya anak dapat meninggal karena terinfeksi. Ada beberapa imunisasi yang harus dilakukan untuk anak dari balita hingga beranjak SD. Jadwalkan imunisasi untuk anak dari balita agar anak mendapatkan pencegahan penyakit sejak dini.

  1. Melakukan kebiasaan mencuci tangan

Jika kita mempunyai kebiasaan mencuci tangan, maka anak kita akan meniru kebiasaan baik dari orangtuanya. Hal yang mungkin dipandang sepele sebenarnya penting untuk mencegah anak terkena penyakit. Berdasarkan hasil penelitian Center for Disease Control and Prevention dikatakan bahwa dengan membiasakan mencuci tangan, 1 dari 3 anak terlindung dari diare dan 1 dari 5 anak terlindungi dari penyakit saluran nafas. Anda dapat mengajari anak dengan mencuci tangan sebelum makan dan tidur

  1. Tidak makan makanan yang terjatuh ke lantai

Walau ada orang yang berkata apabila makanan yang jatuh telah penuh dengan bakteri, tetap banyak orang yang memakannya. Sebuah penelitian berkata bahwa makanan yang jatuh walau hanya beberapa detik saja akan

  1. Tidak menggigit kuku

Kuku yang kotor adalah sarang penyakit bagi semua orang. Anak sangat mudah terserang penyakit jika anak memiliki kebiasaan menggigit kuku. Bakteri yang menempel pada kuku anak dapat menyebabkan munculnya infeksi gangguan pencernaan. Jadi Anda harus membiasakan anak memotong kuku dan menjaga kebersihannya dengan mencuci tangan.

  1. Menyediakan makanan dan minuman yang bersih untuk anak

Makanan dan minuman yang bersih sangatlah penting bagi anak. Makanan yang terkontaminasi dapat menyebabkan anak menjadi sakit. Orangtua dapat mengolah makanan sendiri dari pada membeli di luar demi terjaminnya kebersihan dan kesehatan anak.