WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mendidik Anak Tentang Kesederhanaan

Memiliki gaya hidup yang sederhana akan membentuk hidup menjadi lebih bermakna dan nyaman. Tidak diperlukan pemikiran yang bersusah-susah dalam memiliki sesuatu dan menerima segalanya dengan apa adanya. Kehidupan sederhana haruslah diterapkan kepada anak agar anak maupun orangtua, jasmani dan rohani menjadi lebih sehat.  Hidup sederhana memang cukup susah dilaksanakan karena melihat setiap keluarga mempunyai tolak ukur dalam mengatikan sebuah kehidupan berumah tangga. Akan tetapi yang terpenting dalam memiliki gaya hidup yang sederhana, orangtua dapat memulainya dari diri sendiri dan anaknya. Berikan sebuah tindakan dan teladan yang nyata agar dapat mengajak anak untuk hidup sederhana.

Berikut adalah tindakan nyata untuk mendidik anak tentang sebuah kesederhanaan :

  1. Menabung

“Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”, pepatah ini sering dikatakan turun temurun kepada setiap kita. Menyisikan uang dari yang di dapat dan tidak menggunakan dengan berlebihan harus diterapkan kepada anak sejak dini. Orangtua dapat membelikan celengan kepada anak agar anak belajar menabung uang. Hal ini dapat membantu pola pikir anak untuk tidak menggunakan uangnya secara berlebihan maupun menggunakan uangnya untuk sesuatu yang sia-sia. Dengan mengajari untuk menabung, orangtua telah mengajarkan kepada anak untuk mementingkan keperluan di masa depan

2. Menggunakan atau membeli benda secara bijaksan

Membiasakan anak untuk membeli atau menggunakan barang secara bijaksana. Ambil contoh seperti tidak membelikan baju secara berlebihan dan menggunakan barang-barang yang sudah dibeli. Orangtua harus mendidik anak agar mengerti mana yang menjadi kebutuhan dengan keinginan. 

3. Memiliki alternatif  lain

Semisal yang awalnya ingin makanan yang menggunakan daging sapi, orangtua dapat menggantinya dengan daging ayam untuk memberikan pengajaran tentang makanan sederhana. 

Memiliki gaya hidup yang sederhana itu bersifat relatif. Menemukan tolak ukur kesederhanaan yang sesuai dengan hidup masing masing itu tidak gampang, begitu juga dengan penerapannya. Setiap keluarga memiliki gaya dan cara sendiri untuk diterapkan. Tetapi dengan demikian jika anak sudah di nasehati dari kecil untuk hidup sederhana maka anak akan memiliki sikap serta perilaku yang tidak sampai berlebihan dan bersikap apa adanya.