WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mengajarkan Anak Mengelola Uang

Mengajarkan kepada anak tentang uang haruslah berhati-hati. Setiap orang tua harus memberikan arahan kepada anak tentang mengelola uang dengan baik dan dari mana uang berasal.

Berikut adalah cara mengajarkan untuk mengelola uang :

  1. Membantu si kecil menyusun rencana tabungan, Anda sebagai orangtua dapat menanyakan kepada si kecil apa yang dia inginkan, lalu ajarilah untuk menyimpan sisa uangnya untuk membeli barang yang si kecil inginkan. Pastinya, kegiatan ini akan membuat si kecil paham pentingnya penghematan dan mengelola uang.

 

2. Jangan memanjakan dan menuruti semua permintaan anak

 Mengajarkan kepada si kecil untuk bersyukur akan segala yang dipunya termasuk uang adalah pilihan yang tepat. Belajar bersyukur akan membuat si kecil belajar menjadi orang yang menghargai diri sendiri dan orang lain.

 

  1. Mengajari anak bahwa uang tidak mudah didapat

Setiap orangtua harus memberikan pelajaran kepada anak-anaknya bahwa mendapatkan uang tidaklah mudah. Ada contoh sederhana yang dapat Anda terapkan di dunia si kecil agar mengerti bahwa uang susah di dapat yaitu melakukan pekerjaan rumah atau memberi tugas.

  1. Memberikan contoh

Sebagai teladan bagi sang anak, Anda harus memberikan contoh dalam menabung serta mengelola uang dengan baik. Ini akan sangat berguna dan anak Anda akan menirunya. Sederhananya, anak Anda akan belajar membelanjakan uang sesuai kebutuhan.

  1. Mencatat setiap pengeluaran yang ada

Mengajarkan untuk mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan oleh anak-anak  dan mulai mengatur keuangan yang ada. Dengan mencatat pengeluaran yang ada maka anak juga akan belajar menahan keinginan yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan anak.

 

  1. Mendiskusikan kembali pilihan

Orangtua dapat mengajarkan bagaimana cara menggunakan uang untuk kebutuhan maupun keinginan. Anak akan memulai berpikir dan belajar untuk memahami pengeluaran dan mengikuti saran dari orangtua mereka.

 

Itulah cara-cara untuk mengajarkan si kecil agar menghargai uang lebih  baik sejak dini. Sederhananya jika anak sudah mengetahui nilai uang dari kecil maka anak akan belajar merespon dan melakukan tindakan tersebut.