WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak

Setiap orangtua pasti ingin anaknya menjadi anak yang dikenal sopan dan ramah. Namun untuk melatih anak menjadi anak yang sopan, orangtua wajib mengajarkan anak mulai menjaga perilaku dengan mendidiknya sedari kecil agar anak menjadikan hal ini sebagai kebiasaan.Berikut beberapa cara agar anak tumbuh menjadi pribadi yang sopan :

  1. Mengajarkan kata sopan dari kecil

Begitu anak diajarkan berbicara,orangtua dapat mengajarkan anak ucapan dasar yang diperlukan untuk membiasakan anak untuk sopan dari kecil seperti kata “tolong”, “permisi”, “maaf”, dan “terima kasih”. Empat kata ini adalah dasar kata sopan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Menjadi teladan bagi anak

Anak anak akan belajar dari orang-orang di sekitarnya, dan orangtua memiliki peran penting di dalamnya. Semakin sering orangtua memberikan contoh maka akan baik hasil yang di dapatkan.

 

  1. Mengoreksi sesuai tempatnya

Cara mengoreksi anak bisa dilakukan langsung ketika anak berbuat salah di saat itu juga, namun jika Anda memiliki anak yang sensitif, Anda dapat mengajak anak untuk ke tempat yang lebih sepi untuk dapat berbicara berdua dengan anak.

 

  1. Mengoreksi dengan benar dan baik

Mengoreksi dengan benar adalah bagian terpenting ketika orangtua mengajarkan sopan santun pada anak. Pilihlah cara dan penggunaan kata yang tepat agar memiliki pengaruh besar pada respon dan perilaku anak.

 

 

  1. Mengajarkan sopan santun dengan kegiatan yang menyenangkan bagi si kecil

Anak lebih mudah mengajarkan sopan santun dengan kegiatan yang menyenangkan. Orangtua dapat meminta anak untuk membeli makanan dan memperhatikan cara anak berinteraksi dengan pedagang. Dengan mengajarkan sopan santun bersamaan dengan kegiatan yang menyenangkan, hal ini dapat membantu anak mengingat pelajaran sopan santun ketika ia membeli makanan

Seluruh kegiatan yang diajarkan mungkin akan membutuhkan waktu yang lama dan kesabaran yang tinggi, tetapi hasil dari ini akan setara dengan usaha setiap orangtua kepada anaknya. Berkomitmenlah dalam mengajar sopan santun kepada si kecil dan dalam beberapa waktu Anda akan mendapatkan hasilnya.