WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mengembangkan Rasa Syukur Dalam Diri Anak

Bersyukur adalah rasa terima kasih untuk kita panjatkan kepada Tuhan akan segala kehidupan yang di lalio dan rasakan. Dengan belajar mengucap syukur, hidup akan menjadi lebih bahagia. Orangtua yang mengajarkan bagaimana menikmati hidup dan bersyukur kepada anak akan membuat anak menjadi pribadi yang jauh lebih bahagia. Berikut beberapa tips untuk membangun rasa syukur pada anak:

  1. Menyadari hal yang dapat disyukuri

Ketika seorang anak dapat menyadari hal yang dapat disyukuri bahkan hal kecil sekalipun, anak akan jauh merasa bahagia dan merasa cukup dengan yang di miliki.

 

2.Jangan memanjakan anak berlebihan

Setiap orangtua pasti ingin memberi yang terbaik kepada anak, tetapi jangan sampai selalu memberikan apa yang diminta oleh anak. Hal ini justru akan membuat anak akan terus meminta dan kurang merasakan yang namanya bersyukur. Cara agar menumbuhkan rasa syukur akan lebih baik jika Anda tidak memanjakan anak. Buatlah daftar kapan terakhir Anda membelikan mainan dan Anda dapat menanyakan apakah anak benar-benar membutuhkannya.

 

3.Mengajarkan berbagi

Cara paling efektif untuk mengajarkan anak menjadi l

 

ebih sering bersyukur adalah mengajarkan anak untuk berbagi. Contoh hal yang bisa dilakukan adalah membawa makanan atau barang ke panti asuhan atau panti jompo. Anda sebagai orangtua juga dapat . Anda juga dapat ikut meluangkan waktu untuk bisa ikut dalam kegiatan relawan dan mengajak anak untuk lebih bersyukur dengaan keadaan dan kehidupan yang mereka miliki.

 

4.Mengucapkan terima kasih

Kata terima kasih adalah kalimat sederhana yang dapat membuat anak mengerti bahwa kalimat tersebut arti dari rasa syukur. Anda dapat mencoba mendorong si kecil untuk mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang membantu mereka. Selain itu orangtua yang sebagai teladan anak harus memberikan contoh di waktu yang tepat, apabila Anda memberikan contoh maka anak akan menirunya..

Mengajarkan anak bersyukur terlihat mudah namun akan susah jika setiap orangtua menyerah mengajari anak untuk mengembangkan rasa syukurnya. Anda bisa mengajari anak-anak dari hari ke hari di dalam kehidupan sehari-hari.