WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mengenal Metode Pembelajaran Montessori Untuk Anak

Montessori adalah metode pembelajaran yang mulai dikenal dari seseorang bernama Maria Montessori. Metode pembelajaran ini ditemukan sekitar 100 tahun lalu dan dianggap metodenya memiliki cara cukup yang berbeda dari metode-metode pembelajaran lainnya. Maria Montessori merupakan pelajar dari sekolah kedokteran di tahun 1869 dan menjadi dokter wanita di Italia.  Dikarenakan pekerjaan ini maka beliau sering bertemu dengan anak kecil dan sejak itulah Montessori ingin masuk ke dalam dunia pendidikan dan mengembangkan metode pembelajaran ini. Metode pembelajaran ini membuat anak memiliki perkembangan dengan membuat anak bergerak aktif dan menyerap pelajaran yang ada di sekitarnya. Metode ini juga membantu anak belajar untuk mengoreksi diri dan membuat anak sadar bahwa ia harus segera memperbaikinya tanpa guru harus memberitahukan dimana letak kesalahannya.

 

Metode ini sebenarnya hampir sama dengan metode pembelajaran biasanya namun yang menjadi pembedanya adalah mereka lebih diajarkan mandiri dan membuat anak untuk mengerti semua hal. Metode ini membuat  anak-anak akan belajar kebiasaan mereka setiap hari dan dengan metode ini akan disediakan berbagai macam permainan yang mendidik anak-anak. Walau terlihat sebagai metode yang bebas dan tidak memiliki aturan, namun sebenarnya metode ini mempunyai tujuan dan anak bisa memilih sesuai dengan yang ia suka serta sesuai dengan usianya.

Metode ini secara tidak langsung membuat anak-anak memiliki keinginan belajar yang tinggi dikarenakan perasaan ingin tahu yang tinggi dan membuat anak dapat bereksplorasi untuk menemukan apa yang mereka inginkan. Namun tetap saja aka nada aturan dalam metode ini dimana mereka harus menggunakan peralatan di kelas dengan teratur, boleh berbicara saat kelas selama tidak menggangu teman lainnya. Metode ini bisa Anda terapkan di rumah dan diharapkan anak dapat menikmati metode ini. Anda juga dapat bertanya kepada para ahli dalam metode pembelajaran ini agar ketika mengajari anak dengan metode ini, Anda pun dapat tepat sasaran, menghasilkan anak yang memiliki kualitas yang baik, memiliki keinginan yang tinggi dan menjadi pribadi yang mandiri.