WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mengenali Perilaku Anak Pada Masa Usianya

 

Setiap orangtua yang memiliki anak harus memperhatikan perilaku si kecil setiap bertambahnya usia. Pasalnya ada beberapa perilaku tidak normal yang ditunjukkan oleh anak dan hal tersebut bisa menjadi pertanda serius tentang masalah perilaku. Berikut ada beberapa ulasan mengenai sikap perilaku si kecil yang normal dan tidak normal di masa usianya:

  1. Perilaku normal usia 4 sampai 5 tahun

Di masa-masa ini, anak-anak sudah mulai menunjukkan sikap mandirinya seperti mengucapkan kata “tidak”, atau “biar aku saja” ketika menghadapi beberapa hal. Kata itu dilontarkan karena anak ingin meyakinkan bahwa ia bisa melakukan sebuah tugas sederhana tanpa bantuan orangtua atau orang lain. Namun saat anak tidak mampu menyelesaikan tugas tersebut sendiri, maka anak akan meminta bantuan untuk melakukan tugasnya.

  1. Perilaku normal usia 6 sampai 9 tahun

Di usia ini anak akan memulai masa sekolah mereka dimana mereka memiliki tanggung jawab lebih banyak dari pada sebelumnya. Seperti harus membersihkan kamar atau menjaga kebersihan. Mungkin di masa ini anak akan merasa malas dan akan melanggarnya, namun Anda dapat menerapkan beberapa hukuman yang mendisiplinkan anak agar mereka mengikuti aturan yang dibuat. Dari hal ini anak juga akan menunjukkan kemampuan dalam memecahkan masalah dia sendiri dan mencoba hal baru dalam hidupnya. Di masa ini jika ia mengalami kegagalan, Anda sebagai orangtuanya harus mendukungnya dan mengajaknya untuk menata emosinya agar anak dapat bangkit kembali.

  1. Perilaku normal usia 10 sampai 12 tahun

Pola pikir yang semakin dewasa membuat anak akan sering menyampaikan pendapatnya. Anda sebagai orangtua harus mengajarkan anak untuk mengambil keputusan dengan bijaksana dan belajar untuk semakin dewasa di usianya.

 

Berikut adalah tanda adanya masalah dalam perilaku si kecil

  • Melakukan sesuatu yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain
  • Suka berbohong atau mencuri
  • Sering merusak sesuatu dan sering bolos
  • Sering tantrum (mengamuk) dan tidak segan-segan memukul atau menggigit
  • Sering melanggar peraturan yang diterapkan di rumah, sekolah, dan lingkungan
  • Suasana hati sangat mudah berubah