WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mengenalkan Go Green Pada Anak

Go Green sering dikumandangkan di telinga kita, apakah go green itu? Go Green dapat berarti tindakan yang dilakukan untuk menyelamatkan bumi yang sudah mulai rusak karena ulah dari manusia. Go Green dapat bermakna menghijaukan kembali atau penghijauan. Di zaman yang semakin pesat ini kemajuannya, produk-produk yang dihasilkan banyak tanpa disadari merusak lingkungan kita. Contohnya saja lapisan ozon yang menipis dikarenakan adanya pemanasan global, padahal lapisan ozon ini sangat berguna bagi manusia salah satu nya untuk menghalangi sinar ultraviolet dari sinar matahari.

Pemanasan global biasanya diakibatkan dari meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor, penggundulan hutan, asap pabrik yang semakin banyak, penggunaan AC dan alat elektronik lain yang menghasilkan banyak sekali gas CFC yang merusak lapisan ozon, dan penyebab lainnya.

Oleh sebab itu, penting untuk anak-anak mengetahui pentingnya memiliki gaya hidup Go Green. Gaya hidup Go Green seperti apakah yang perlu dilakukan anak-anak sejak dini? Beberapa contoh gaya hidup yang dapat diterapkan pada anak-anak sejak dini yaitu :

  1. Membuang sampah pada tempatnya.
  2. Mematikan lampu ruangan saat tidak digunakan.
  3. Menggunakan air secukupnya.
  4. Mengajak anak-anak menanam tanaman di rumah sembari menanamkan prinsip Go Green.
  5. Hindari menggunakan peralatan makan plastik yang hanya sekali pakai, biasakan anak menggunakan kotak makan bekal.
  6. Gunakanlah tas belanja yang Go Green atau dapat dipakai berulang-ulang, kurangi pemakaian kantong plastik yang sulit terurai.
  7. Ajarkanlah anak-anak untuk memilah sampah untuk dapat di daur ulang kembali.
  8. Lakukan kreativitas menggunakan barang bekas yang di daur ulang menjadi kreasi baru.

PG-TK CMC School, sebagai salah satu playgroup di kota Surabaya mendukung kegiatan Go Green ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan mempraktekan membuat kreasi dari bahan yang tidak terpakai lagi dan dapat di daur ulang. Setiap siswa-siswi membuat hasil karya yang menarik, dengan dibantu oleh orang tua untuk membuat kreasi daur ulang tersebut. Para siswa-siswi menjelaskan juga bahan pokok yang digunakan untuk membuat kreasi Go Green itu.

Dengan kegiatan yang dilakukan, para guru menjelaskan pada siswa-siswi untuk melakukan Go Green di rumah. Kegiatan ini penting dilakukan sehingga sejak kecil sudah tertanam dan menjadi kebiasaan mereka di masa sekarang dan masa depan bahwa penghinjauan kembali (Go Green) penting untuk generasi-generasi mereka dan masa akan datang.