WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mengenalkan Kegunaan Hutan Mangrove

Kota Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia, walaupun demikian kota Surabaya merupakan kota yang teratur  dan banyak memiliki ruang hijau sehingga dapat mengurangi polusi dan udara panas yang ada. Salah satu upaya dari Walikota dan Pemkot yaitu dengan adanya wisata Hutan Mangrove Surabaya.

Awalnya wisata Hutan Mangrove Surabaya ini dibuat untuk melindungi sisi timur kota Surabaya yang tergerus oleh air laut. Namun karena di dalam Hutan Mangrove ini menyediakan pemandangan yang sulit didapatkan di kota besar, maka wisata Hutan Mangrove ini menjadi salah satu tempat wisata yang menarik bagi warga kota Surabaya.

Menurut data yang ada, tempat wisata Hutan Mangrove Surabaya ini memiliki lebar 200 hektar dan sangat luas. Didalam hutan terdapat hewan-hewan liar yang dilindungi dan berbagai macam jenis burung yang hidup di dalam Hutan Mangrove. Untuk dapat melihat hutan tersebut pengunjung dapat menaiki perahu dan membayar tiket masuk 25.000 rupiah.

Hutan mangrove sangat berguna bagi kehidupan manusia. Yang pertama hutan mangrove dapat mencegah terjadinya perembesan air laut ke daratan (intrusi) karena jika terjadi air minum yang dikonsumsi bisa terasa asin. Yang kedua, hutan mangrove dapat menghindari terjadi nya erosi (pengikisan permukaan tanah karena air laut) dan abrasi (pengikisan permukaan tanah karena ombak laut). Yang ketiga, akar pada pohon mangrove dapat mempercepat penguraian limbah organik yang terbawa kepantai, selain itu akar pohon mangrove membantu mempercepat proses penguraian bahan-bahan kimia yang dapat mencemari air laut. Yang keempat, hutan mangrovr dapat menjadi tempat tinggal bagi hewan-hewan liar lainnya, bukan hanya hewat daratan tapi juga hewan yang hidup di laut dan udara. Contohnya kera, burung, ular, kepiting, siput dan lainnya. Selain itu hutan mangrove yang bertumbuh pesat dapat memperluas batas pantai (membentuk daratan). Dilihat dari kegunaan yang telah disebutkan tersebut, kita perlu melestarikan keberadaan dari hutan mangrove.

Untuk memperkenalkan kepada para siswa-siswi kegunaan dari hutan mangrove maka SMI CLC mengadakan field trip ke wisata Hutan Mangrove. Dengan cara melihat sendiri kegunaan dari hutan mangrove, diharapkan para siswa-siswi dapat lebih peduli dan melestarikannya.