WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Mengenalkan Profesi Polisi Pada Siswa

Profesi atau jenis pekerjaan yang ada di Indonesia sangat beragam macamnya. Setiap profesi sangat penting untuk mendukung bangsa Indonesia menjadi lebih baik dari hari ke hari. Oleh sebab itu mengenalkan macam-macam profesi yang ada cukup penting mulai dilakukan sejak mereka kecil. Selain itu anak-anak dapat mulai memiliki impian atau cita-cita apa yang ingin mereka lakukan di masa depan.

Mengenalkan profesi ini tidaklah mudah, tetapi tidaklah juga sulit dilakukan. Banyak cara dan kegiatan yang dapat digunakan untuk dapat menjelaskan masing-masing fungsi dari profesi yang ada dan menanamkan kepada anak-anak untuk menghormati dan menghargai setiap profesi yang ada. Sebagai salah satu contoh ada profesi sebagai polisi. Profesi polisi sering dijadikan orangtua alat untuk menakut-nakuti anak ataupun mengancam mereka. Misalnya saja, jika tidak taat pada orang tua maka polisi bisa menangkap anak-anak dan memasukkan ke penjara. Akibatnya tertanam pemikiran pada anak-anak sebuah ketakutan ketika melihat polisi.

Untuk itu, perlu bagi para orang tua dan guru mengenalkan profesi yang ada dengan baik dan benar. Tidak berlebihan, tidak menakut-nakuti ataupun tidak merendahkan setiap profesi yang ada. Karena setiap profesi penting bagi setiap kehidupan orang lain. Bayangkan saja jika tidak ada profesi penjual makanan atau mungkin cleaning servis, maka dampak yang buruk akan terjadi untuk orang lain.

Guru-guru PG-TK CMC School mencoba mengajarkan pada para siswa mengenai profesi polisi dengan cara yang menarik. Setiap siswa diajak untuk membuat topi polisi dengan menggunakan kreasi kertas. Dengan membuat kreasi ini, guru-guru menjelaskan tugas dari profesi polisi. Selain itu juga menanamkan pada anak-anak untuk tidak takut dengan polisi, karena polisi itu adalah sahabat dari anak-anak. Polisi menangkap orang-orang yang melakukan kejahatan dan berbuat pelanggaran. Sehingga jika para siswa mengalami bahaya dari orang-orang yang berniat jahat, mereka tidak ragu dan takut untuk melapor kepada polisi.

Setelah selesai membuat topi poilisi, para siswa juga diajak untuk berfoto bersama menggunakan topi kreasi mereka dan berpose layaknya polisi yang memberi hormat. Dengan cara mudah dan menarik ini, penanaman sebuah profesi pada anak dapat lebih mudah dilakukan.