WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Menggali Potensi Anak dan Menemani Anak Menjadi Sukses Sejak Dini

Pada keadaan pandemi sekarang, orang tua memiliki kesempatan untuk membangun relasi yang lebih dekat dengan anak selama di rumah. Kegiatan belajar online dari rumah dapat membuat orang tua terjun langsung melakukan kegiatan belajar bersama sang buah hati. Mulai dari berdiskusi bersama, membantu tugas sang anak, hingga beralih peran menjadi guru bagi anak. Hal ini dapat memberikan kesempatan kepada orang tua untuk lebih mengenali minat dan bakat anak pada jenis pelajaran tertentu.

Mengetahui potensi yang dimiliki anak merupakan hal yang penting bagi orang tua. Melalui identifikasi minat, bakat, dan kemampuan, anak dapat berkembang secara optimal sesuai kapasitas anak. Menggali dan mengenali potensi anak juga penting bagi orang tua, sebab kecerdasan anak tidak hanya diukur berdasarkan nilai IQ (inteligensi) saja, namun minat dan bakat juga menjadi salah satu dasar untuk mengantarkan anak pada prestasi yang membanggakan. Setelah mengetahui hal ini, muncullah pertanyaan, bagaimanakah cara mengetahui potensi yang dimiliki sang anak?

  1. Memahami cara Belajar Anak

 

Setiap anak mempunyai cara belajar yang beragam. Contohnya, ada anak yang lebih senang dibacakan materi atau mendengarkan, ada anak yang lebih suka membaca, ada pula anak yang lebih senang belajar melalui praktik langsung. Cara belajar ini penting diketahui orang tua untuk diterapkan di rumah agar anak dapat mengembangkan diri serta mendapatkan prestasi yang optimal.

  1. Mengidentifikasi Kecerdasan Anak

Mengidentifikasi kecerdasan anak bertujuan untuk mengasah kemampuan utama anak. Untuk mengidentifikasi hal tersebut dapat dilakukan dengan menemani sang buah hati dalam melakukan kegiatan keseharian anak. Mulailah dengan kegiatan yang disukai anak ataupun kegiatan yang memiliki potensi bagi anak untuk berkembang. Kemudian mengarahkan kegiatan ataupun potensi tersebut menjadi prestasi yang unggul bagi sang anak.

  1. Mengembangkan Potensi Anak

Cara ketiga ini adalah langkah yang dapat diambil setelah orang tua berhasil mengidentifikasi kecerdasan anak ataupun mengetahui keunggulan sang buah hati. Orang tau dapat mengarahkan potensi anak untuk meraih prestasi. Tentunya dalam proses yang dirancang dan perlu dilalui tersebut, sang anak menyukai hal tersebut, melalui hal ini dapat dipahami betapa pentingnya peran orang tua dalam memotivasi anak agar selalu semangat mengasah potensi yang dimiliki anak.

 

Cara sederhana ialah dengan memberikan materi online yang dapat dengan mudah dapat diakses oleh orang tua untuk sang buah hati. Hal ini tentunya perlu dilakukan perencanaan dan ketekunan untuk berinisiatif dalam mempersiapkan ma