WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Menjaga Kesehatan Mata Si Kecil

Kesehatan mata sangatlah penting untuk anak. Apabila anak sudah memakai kacamata dari kecil, hal ini memungkinkan bahwa kondisi mata anak memiliki gangguan kesehatan dan dapat menghambat anak dalam sosial, hobi serta bisa menghambat akademisnya. Berikut ada beberapa tis untuk menjaga kesehatan si kecil :

 

  1. Memeriksakan mata anak ke dokter secara rutin

Anda dapat membawa anak Anda ke dokter setidaknya satu hingga dua tahun sekali untuk dapat memastikan kesehatan mata si kecil terjaga dan sehat. Apabila di deteksi sedini mungkin maka kita akan dapat mengetahui apakah gangguan kesehatan mata seperti amblyopia, hyperopia atau miopi menyerang kesehatan mata anak. Serta jika telah diketahui sedari awal, Anda dapat memberikan pengobatan secara maksimal agar anak memiliki mata yang sehat.

  1. Memberi nutrisi untuk kesehatan mata

Anda dapat memberikan anak makanan berupa sayur dan buah-buahan sehat seperti wortel dan tomat. Pastikan terdapat antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan asam lemak omega 3 ada dalam makanan tersebut.

  1. Menggunakan topi atau kacamata hitam saat bermain di luar

Anda dapat memakaikan topi atau kacamata hitam pada si kecil agar mata anak dapat terlindungi dari sinar UV dan tetap melakukan aktivitas bermain di hari yang terik

  1. Membatasi waktu di dalam ruangan

Anda dapat membatasi waktu anak untuk tidak terlalu lama bermain di dalam ruangan untuk mencegah miopi atau biasa dikenal dengan rabun dekat

  1. Merangsang indra penglihatan

Merangsang perkembangan dari indra penglihatan dapat dilakukan dengan mengembangkan visual dengan menggunakan mainan yang memiliki banyak warna seperti contoh puzzle dan lain sebagainya.

  1. Memberi contoh

Orang tua adalah contoh terbaik untuk anak. Anda dapat memberikan contoh kepada anak seperti tidak terlalu dekat menonton TV, membaca dengan jarak minimal 30 cm, memakan makanan sehat dan sebagainya. Dengan adanya contoh nyata, si kecil akan mampu untuk melakukan hal tersebut dengan baik dan mereka akan memiliki mata yang sehat.