WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Pengembangan Karakter Anak Melalui Camping di Sekolah

   

Kegiatan pengembangan karakter siswa SD SMI School di semester ini dilakukan di bulan Maret. Kegiatan pengembangan karakter kali ini yaitu kegiatan camping yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 4 sampai kelas 6 SD. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana bagi para siswa untuk melatih kemandirian diri, mensosialisasikan tentang pengenalan jati diri untuk mempersiapkan anak-anak memasuki masa remaja, dan meningkatkan sportivitas dalam diri para murid.

Tujuan kegiatan camping ini adalah agar peserta didik mampu menjadi pribadi dengan karakter yang kuat, tangguh dan berintegritas. Disamping itu, peserta didik juga mendapatkan bekal mengenai hal-hal penting terkait persiapan mereka memasuki masa remaja. Para siswa juga dilatih agar memiliki kemandirian didalam dirinya untuk mempertahankan hidup dan membuat keputusan dengan bijak.

Isi kegiatan camping yang dilakukan tanggal 16 Maret sampai 17 Maret 2019 terdiri dari beberapa sesi yaitu :

  • Sesi 1 : Life Purpose

Pada sesi life purpose, anak-anak belajar untuk memahami tujuan hidup mereka. Memahami bahwa di dalam hidup bermasyarakat ini mereka harus memiliki skill bersosialisasi yang baik. Selain itu juga dapat membantu orang lain dan maju bersama tanpa saling menjatuhkan sesamanya. Hidup saling berbagi dan jika mereka mampu melakukan sesuatu bukan untuk disimpan sendiri melainkan digunakan untuk membangun dan mensejahterakan kehidupan sesama disekitarnya juga.

  • Sesi 2 : Self image and Survive Life

Di dalam diri anak-anak, tentulah mereka ingin diakui dan juga dikasihi. Beberapa hal yang ingin dicapai didalam sesi ini adalah bahwa setiap anak itu berharga dan walau mereka melakukan kesalahan sekalipun tidak akan membuat nilai dalam mereka menjadi turun. Saat menghadapi kegagalan, atau mungkin ditegur, mereka perlu menyadari bahwa nilai dalam diri mereka tidak menjadi turun atau berubah dan yang perlu mereka lakukan ialah berjuang lagi dan memperbaikinya. Itulah ketangguhan diri yang diperlukan untuk melalui setiap fase di dalam hidup mereka.

  • Sesi 3 : Friendship Ethics

Anak-anak diharapkan mampu untuk berteman secara sehat. Di sesi ini anak-anak akan membagikan apa yang mereka ketahui tentang arti persahabatan, cara bersahabat menurut mereka, dan juga refleksi diri yaitu apakah mereka sudah menjadi sahabat yang baik atau belum dengan juga member bukti maupun alasannya. Melalui sharing ini anak-anak dapat saling berdiskusi dan akhirnya mengetahui bahwa bersahabat itu perlu didasari oleh nilai-nilai yang benar, yaitu : rasa aman dan rasa kasih yang tulus.

  • Sesi 4 :Cooking Time

Kegiatan cooking time ini dipersiapkan sebelum sesi camping ini terjadi. Tiap kelompok yang sudah dibagi akan dibriefing mengenai bahan apa yang bisa mereka makan dan barang yang akan mereka bawa untuk kegiatan cooking. Mereka juga ditanya masakan apa yang hendak dimasak saat camping.

Persiapan kedua dimulai sejak awal camping. Awal saat sesi pembukaan, para guru memberi modal untuk masing-masing kelompok sebesar Rp 20.000, 00. Modal awal ini akan bertambah jika mereka mampu menyelesaikan tantangan di setiap indoor games. Namun sebelum itu, saat pembukaan, anak-anak diminta untuk mendengarkan aturan selama di camping. Jika mereka melanggar maka denda untuk setiap anak adalah Rp 1.000, 00.

Modal yang telah terakumulasi selama acara camping di hari pertama akan dihitung setelah sesi friendship ethics. Lalu anak-anak diberi list harga bahan yang bisa mereka beli . Peraturan didalam cooking time dan sarapan ialah uang, bahan, dan masakan harus habis saat acara cooking time dan sarapan. Makanan tidak boleh dibuang. Hal ini dimaksudkan agar setiap kelompok yang memiliki uang lebih bisa berbagi dengan kelompok yang tidak mempunyai cukup uang.

  • Sesi 5 :Sex Education

Dalam sesi ini anak-anak akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu grup siswi dan grup siswa. Penjelasan dari psikolog akan dilakukan bergantian dengan gurunya. Disini diharapkan setiap siswa maupun siswi dapat memahami perubahan dalam dirinya dan juga belajar mengenai self-safety dan self-care.

  • Sesi 6 : Indoor Game

Terdapat 3 macam indoor games :

  1. Permainan menyedot tissue dengan sedotan
  2. Permainan volley balon isi air
  3. Permainan menjaga lilin dari semprotan air

Nilai-nilai yang mau dicapai : mengatur strategi kelompok, kerjasama tim, dan juga daya juang anak.

Setelah mengikuti kegiatan pengembangan karakter ini para siswa diharapkan mampu memiliki kemandirian diri bukan hanya secara teori namun mampu mempraktekkannya dalam kehidupan mereka sehari – hari.