WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Pentingnya Anak Bahagia Sejak Dini Guna Mendukung Perkembangan Anak

Menginginkan anak bahagia sudah pasti menjadi tujuan dan keinginan setiap orangtua. Dengan mendukung anak agar bahagia sejak kecil, perkembangan si kecil pun dapat bertumbuh menjadi lebih baik. Berikut beberapa alasan mengapa para orangtua harus mementingkan kebahagiaan anak sejak dini :

  1. Anak menjadi aktif dan tidak pemalu, disebabkan karena anak mendapatkan lingkungan yang baik dan tidak mengalami tekanan ketika berbicara maupun bermain

2. Anak yang bahagia akan menjadi anak yang sukses dalam akademik serta karier. Ketika anak mendapatkan dukungan dan semangat, maka anak dapat memiliki kesadaran diri,kemampuan sosial,dan kemampuan mandiri

3. Anak memiliki gambar diri yang baik. Ketika gambar diri anak baik maka tidak akan ada yang namanya perasaan tertuduh, perasaan minder, dan perasaan lainnya.

 

Pakar psikologi anak Elizabeth Santosa mengatakan saat anak-anak merasakan kebahagiaan dari mereka kecil maka anak-anak akan membawa sebuah pengaruh positif terhadap perkembangan karakter,sifat,proses belajar dan bersosialisasi.  Berikut adalah beberapa cara untuk mengasuh anak agar menjadi anak yang bahagia :

  1. Mengajari anak untuk mengerti yang namanya kesederhanaan. Sederhana adalah hal yang wajar dan tidak berlebihan, dan cocok dengan sebuah kebahagiaan. Menggunakan waktu dengan melakukan aktivitas sederhana akan mengajarkan anak untuk mencapai kebahagiaan dengan mudah dan aktivitas sederhana tidak membutuhkan banyak pengeluaran. 
  2. Memiliki kebiasaan atau gaya hidup yang aktif. Dalam pola pengasuhan di Belanda, ketika kecil anak-anak ditanamkan pemikiran bahwa sebuah kebahagiaan datang dari kemampuan untuk aktif dalam bermain dan dapat aktif melakukan kegiatan bahkan di Belanda menghibur diri sendiri jauh lebih untuk tumbuh kembang anak dari pada sebuah materi.
  3. Jadilah orangtua yang bahagia. Saat menjadi orangtua yang memiliki kebahagiaan maka kebahagiaan tersebut dapat ditularkan kepada anak. Anak juga akan mencontoh dengan tindakan yang diberikan orangtua karena anak adalah cermin dari tingkah laku kedua orangtua.  Jadi jangan sampai ketika orangtua stress, semuanya dilampiaskan kepada anak karena anak akan belajar untuk menirunya dan parahnya ketika anak mengalami masalah juga maka ia akan belajar untuk melampiaskan kepada orangtuanya di rumah.