WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Pentingnya Melatih Anak Berbicara

Keterlambatan dalam berbicara dapat menghambat tumbuh kembang seorang anak. Keterlambatan anak dalam berbicara contohnya di usia yang seharusnya sudah mulai bisa menyampaikan keinginan atau berkomunikasi dengan orang lain, namun anak cenderung diam dan tidak mau berbicara atau hanya dapat mengucapkan beberapa kata saja. Oleh sebab itu orang tua harus memperhatikan perkembangan bicara anak karena peran dari orang tua sangatlah penting.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan orang tua kepada anaknya untuk merangsang atau mendorong anak berbicara yaitu

  • Tingkatkan intensitas berbicara dengan anak

Orang tua perlu sering mengajak anak berbicara agar pembendaharaan kosakata anak bertambah. Menyapa, memberikan pertanyaan, menjelaskan sesuatu dan meminta anak untuk mengulangi apa yang kita ucapkan. Yang perlu diperhatikan juga adalah jangan sengaja membuat kata-kata yang “cadel”, karena itu dapat mempengaruhi anak-anak juga meniru kata-kata”cadel”. Mengajarkan kata-kata pada anak-anak perlu dilakukan berulang-ulang, dan juga perlu untuk diperbaiki jika terjadi salah pengucapan.

Dengan adanya komunikasi pada anak dimulai dari orang tua nya maka dapat meningkatkan kemampuan anak untuk berbicara juga.

  • Melatih bicara dengan cara yang menarik dan menyenangkan

Salah satu cara untuk melatih anak berbicara adalah dengan mengajak anak membaca buku cerita atau mendongeng. Memperlihatkan gambar-gambar di buku cerita sembari menjelaskan dan bercerita. Selain itu juga bisa menggunakan cara bernyanyi bersama, ajarkan lagu-lagu anak yang mudah diucapkan sambil mengajak anak bernyanyi bersama. Utamakan bernyanyi bersama atau dengan didampingi, dibandingkan membiarkan anak melihat video musik dan bernyanyi sendiri.

  • Berikan kesempatan kepada anak untuk berbicara

Disaat belajar berbicara terkadang anak-anak salah dalam mengucapkan ataupun berbicara tidak jelas, disaat seperti itu orang tua harus sabar menunggu anak menjelaskan dan tidak memarahi anak yang salah dalam pengucapannya. Orang tua perlu berusaha memahami maksud dari anak dan juga bertanya kembali pada anak jika masih belum dimengerti. Jangan memotong anak yang sedang berbicara, berikan kesempatan unuk menyelesaikan percakapan yang ingin disampaikan oleh anak.

Keterlambatan berbicara yang tidak segera diatasi dapat berlanjut kepada anak sampai usia sekolah, hal itu tentu saja dapat mempersulit anak untuk berkomunikasi dengan baik di sekolah. Selain itu anak menjadi sulit mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan alami.