WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Penyebab daya tahan tubuh anak menurun

 

Daya tahan tubuh atau biasa disebut sistem imun sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh pada anak. Hal ini dikarenakan sistem imun berguna untuk menjaga tubuh dari serangan virus atau bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Namun terkadang orangtua jarang mengetahui bahwa sistem imun anaknya terkadang menurun. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat membuat sistem imun menurun.

  1. Terlalu banyak mengosunsumi makanan atau minuman yang mengandung garam dan gula

 

Penelitian mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi garam berlebih akan membuat ginjal mengeluarkan efek domino, yaitu kurangnya kemampuan tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sedangkan apabila anak mengonsumsi gula berlebih dapat menurunkan kemampuan sel imun yang seharusnya dapat melawan bakteri yang masuk ke tubuh manusia.

Informasi anjuran konsumsi gula dan garam dalam satu hari :

  • Usia 4 hingga 6 tahun : 3 gram garam
  • Usia 7 hingga 10 tahun : 5 gram gara,
  • Usia 2 hingga 18 tahun : kurang dari 25 gram gula
  1. Kurang aktif berolahraga

Di zaman yang serba modern ini banyak anak-anak yang kecanduan dalam bermain game dan tidak bergerak aktif. Padahal jika anak bergerak aktif maka sistem imun akan meningkat dan membentuk antibody. Mulailah mengajak anak untuk setidaknya berjalan kaki di dalam rumah selama 20 menit dan lakukan empat kali dalam seminggu untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

  1. Kurangnya jam tidur

Tidur adalah hal yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika anak tidak tidur sesuai waktu normal maka anak dapat rentan terserang penyakit seperti flu.

  1. Kurang asupan serat

 

Serat memiliki fungsi untuk menjaga pencernaan menjadi baik dan membantu keseimbangan bakteri baik di dalam usus yang dapat menambah sistem imun pada anak. Tentu saja untuk mendapatkan sumber serat, Anda dapat memberi menu makanan dan gizi yang seimbang kepada anak. Nutrisi ini dapat melindungi anak dari virus dan bakteri serta memperkuat antibodi sehingga membuat anak menjadi jarang sakit.