WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?

Sisi Positif Gadget Untuk Keterampilan Sosial Pada Anak

Gadget adalah barang yang sangat gampang ditemukan dimana-mana di era modern seperti ini dan anak-anak pun sedari kecil kerap mendapatkan gadget dari orangtua mereka yang terkadang sibuk bekerja. Beberapa orangtua menganggap gadget menjadi hambatan bagi anak untuk bersosial. Namun ada penelitian baru yang mengatakan bahwa gadget sebenarnya tidak menghambat keterampilan sosial anak.

Di dalam penelitiannya dikatakan bahwa anak-anak di tahun 2010 secara umum memiliki skor keterampilan yang lebih sedikit dari pada anak di tahun 1998. Ketrampilan sosial mereka pun bertahan hingga lima tahun saat bersekolah dan hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak terlalu sering menggunakan gadget.

Akan tetapi gadget tidak disarankan untuk balita. Orangtua yang sering membiarkan anaknya yang berumur lima tahun menggunakan gadget akan membuat anak akan kehilangan resiko pemusatan perhatian dan itu dapat membuat gangguan yang lebih parah seperti autisme dikarenakan anak tidak akan terlalu sering berinteraksi dengan kedua orangtuanya.

Manfaat lain dari gadget untuk anak adalah anak akan mendapatkan informasi dan dapat digunakan sebagai pengetahuan tambahan saat anak belajar. Namun anak-anak berisiko kecanduan bermain gadget dan hal tersebut dapat menurunkan kualitas tidur serta kesehatan anak. Anak yang memiliki waktu tidur lebih sedikit dari pada anak lain bisa jadi akan menjadi lebih mudah untuk marah, perasaan cemas berlebih serta susah mengontrol perbuatannya. Apabila perasaan hatinya kurang baik, pastinya hal tersebut akan berdampak dengan aktivitas kesehariannya.

 

Dampak sinar biru pada gadget juga dapat membuat siklus tidur tidak teratur. Hal-hal inilah yang dilupakan oleh orangtua dan jika hal ini tidak dikontrol oleh orangtua, maka anak akan mendapatkan dampak negaitfnya dari pada positifnya. Anda sebagai orangtua dapat memberikan gadget kepada anak jika anak cukup usia dan Anda bisa membatasi penggunaan gadget kepada anak dan tidak disarankan untuk memberi gadget kepada anak sebelum tidur. Dengan membatasi waktu dari penggunaan gadget, anak Anda akan mendapatkan manfaat positif dan terhindar dari dampak negative dari sebuah gadget.